1. Desain Interior

Desain interior adalah sebuah profesi di bidang kreatif dengan solusi teknis yang diterapkan pada struktur bangunan.

Solusi ini sendiri bersifat fungsional yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan dan budaya penghuninya serta memunculkan kesan estetik.

2. Gorden

 

 

Tirai atau gorden merupakan potongan kain atau tekstil yang digunakan untuk menghalangi cahaya. Tirai sering digantung di bagian dalam jendela suatu bangunan untuk menghalangi masuknya cahaya, sebagai contoh di waktu malam untuk membantu tidur, atau untuk mencegah cahaya keluar dari bangunan (mencegah orang di luar untuk dapat melihat bagian dalam Tirai juga memberikan pemisahan visual pada situasi lain seperti pada suatu pertunjukan panggung di mana para aktor melakukan persiapan terakhir untuk pertunjukan di balik tirai sewaktu penonton menunggu di depan tirai. Jika digunakan untuk suatu pertunjukan tertentu, biasanya tirai dibuka sewaktu pertunjukan dimulai dan ditutup sewaktu jeda pertunjukan.

3. Wallpaper

 

Wallpaper adalah jenis bahan yang digunakan untuk menutupi dan menghias dinding bagian dalam rumah, kantor, dan bangunan lainnya, yang merupakan salah satu aspek dari dekorasi interior. WallPaper biasanya dijual dalam bentuk roll (gulungan ) dan dipasang ke dinding menggunakan lem khusus wallpaper.

Wallpaper ada yang polos sebagai ‘kertas lapisan’ (sehingga dapat dilukis), ada juga yang bertekstur (seperti anaglypta), dengan desain pola yang berulang secara teratur, atau yang sekarang mulai jarang yaitu Wallpaper yang di-set hanya satu lembar (tetapi seluas dinding).

Teknik yang digunakan dalam mencetak Wallpaper antara lain yaitu pencetakan permukaan, cetak gravure, sutra sablon, percetakan rotary, dan digital printing. Wallpaper dibuat dalam gulungan panjang yang digantung secara vertikal pada dinding. Wallpaper bermotif dirancang sehingga pola “Berulang kembali” dan potongan dipotong dari gulungan yang sama dapat ditempel di samping pola lainnya sehingga kita dapat melanjutkan pola tersebut.

Wallpaper biasanya berbahan dasar kertas dan dilapisi oleh vinyl. Wallpaper yang masuk ke Indonesia biasa masuk dari Korea, Belgia (Belgium) dan Italia (Italy).

4. Sticker Sunblast

Apa itu sticker sundblast?

Mungkin masih banyak yang tidak tau apa itu? sticker sundblast adalah sticker berwarna bening agak buram atau blur yang ditempelkan ke kaca supaya kaca tidak transparan atau keliatan langsung jadi kaca tampak buram atau blur. Bahan sundblast ini banyak di tempel pada kaca pintu dan dinding kaca biasa pada kantor, salon, rumah sakit, toko dan lain lain. Selain buat menutup kaca agar tidak transparan sundblast juga biasa digunakan untuk membuat motif, logo, dan tulisan nama PT atau perusahaan, tulisan nama toko, rumah sakit, salon dan lain lain.

5. Desain Grafis dan Percetakan

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar.

Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak.

6. Konveksi

Konveksi ialah tempat produksi pakaian dengan minimal quantity tertentu. Konveksi juga biasanya membuka jasa pembuatan baju kaos dan sablon satuan, grup, komonitas. Bisa juga berupa seragam, celana trainig, jaket, polo shirt, bendera, tas kanvas dan lainnya yang berhubungan dengan jahit menjahit dan sablon, baik sablon manual maupun digital.

7. Pengadaan Barang dan Jasa

Pengadaan Barang/Jasa meliputi pengadaan barang, pekerjaan konstruksi, jasa konsultansi, dan jasa lainnya.

Pengadaan barang adalah pengadaan setiap benda baik berwujud maupun tidak berwujud, bergerak maupun tidak bergerak, yang dapat diperdagangkan, dipakai, dipergunakan atau dimanfaatkan oleh pengguna barang.

Pengadaan pekerjaan konstruksi adalah seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya.

Adapun pengadaan jasa Konsultansi adalah jasa pelayanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu diberbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir.

Pengadaan jasa lainnya adalah jasa yang membutuhkan kemampuan tertentu yang mengutamakan keterampilan dalam suatu sistem tata kelola yang telah dikenal luas di dunia usaha untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau segala pekerjaan dan/atau penyediaan jasa selain jasa konsultansi, pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan pengadaan barang.